Kamis, 25 April 2013

stroke up honda win

apa itu stroke up??

Stroke Up artinya menaikan langkah piston. Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi.

Banyak orang yang salah persepsi, mengganti stang piston lebih panjang maka akan menaikkan stroke. padahal, sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.

ada 3 cara stroke up.
cara pertama yaitu dengan menggeser (big end) ke arah luar.





menggeser big end dengan cara menggeser big end harus memerkukan tukang bubut yang ahli.
jika lubang kiri kanan tidak sejajar maka yang terjadi malah getar luarbiasa,,
biaya geser berkisar 100- 375 ribu.
cara ini memerlukan ORANG YANG BENAR2 AHLI. mengingat resiko getar sangat besar.


cara kedua yaitu dengan menggunakan pen stoke..
liat tuh gambar pen strokenya.. tanpa menggeser lobang big end pada kruk as, pen nya yang geser keluar..

haraga pen stroke CLD 245rb
merek2 yang lain saya kurang tau.. coba cari dari google ya? tar saya di kasih tahu..

cara ketiga yaitu dengan mengganti kruk.as dengan kruk.as motor lain yang strokenya lebih besar.
ini memungkinkan stroke honda win naik banyak. tapi masalah utama yang timbul yaitu kruk.as mentok di batang pompa oli win yang melintang di depan kruk.as, sehingga perlu calter pompa oli kanan mocin.

misal :
1. pakek kruk.as mocin stroke 55mm, stroke honda win cuman 49,5mm doang.. kruk as ini sangat sederhana pemasanganya.. ganti cancrease pompa oli kanan mocin.




 
kalo mau hemat tidak usah beli cancrease pompa oli kanan mocin. cukup batang pompa oli bawaan honda win di kurangi ketebalanya 1,5mm.
harga kruk.as antara 150-350rb. di grosiran impor dari sononya cuman 200rb dah komplit sama laker2nya.
harga calter beserta pompa oli kanannya 150-350rb juga. harga dari sononya juga 200rb.
sekarang barang baru dari importirnya langka.. sehingga barang bekaspun mahal harganya..



2. pakek kruk.as blade. stroke 55mm. cara ini butuh penyesuaian di stik kanan kiri yang di sesuaikan stik honda win. harga kruk.as asli bekas mulus 350rb. biaya penyesuaianya 150-250rb. pompa oli kanan atau bubut batang 1,5mm. material kruk as ini lebih awet daripada kruk.as cina.
dalam penyesuaian sebaiknya laker kruk.as menggunakan 6205 agar stik kruk.as awet. apabila menggunakan 6304 di sinyalir batang kruk.as akan terbabat telalu kecil, kalau motor buat gaspoll mulu bisa patah tuh stik kruk.asnya.
penggantian bearing tidak merubah kalter.. diameter luar bearing sama, diamater delam lebih besar 6205.

3. pakek kruk.as kharisma/ supra 125, vega ZR. stroke 57,9. cara ini butuh penyesuaian di stik kanan kiri yang di sesuaikan stik honda win. harga kruk.as asli bekas mulus kharisma/supra 125 kisaran 400an, vega zr 350rb. biaya penyesuaianya 150-250rb. pompa oli kanan wajib hukumnya.. mengingat diameter kruk.as yang sangat lebar.
diamater kruk.as supra 125 98mm, cuma bubut cawuk.an oli cancrease dikit. diamater kruk.as vega zr 103mm ternyata harus di kecilin jadi 101mm agar tidak nabrak rasio gigi ke 4 honda win. bubut cawuk.an oli cancrease juga, tapi jangan di babat habis.


 hitungan cc
1. kruk.as standart win 49,5mm piston standart win 50mm = 3.14x 50x50 x 49.5 /4 = 97cc
2. kruk.as win stroke 2mm 49,5+ (2x2)= 53,5mm piston standart win 50mm = 3.14x 50x50 x 53.5 /4 = 105cc
3. kruk.as 55mm(blade/mocin) piston standart win 50mm = 3.14 x 50x50 x 55 /4 = 108cc
4. kruk.as 57,9mm( kharisma/supra 125/ vega zr) piston standart win 50mm = 3.14 x 50x50 x57,9 /4= 114cc

saya selaku penulis menyarankan bore up terlebih dahulu, baru stroke up..
bore up biaya jauh lebih murah dari pada stroke up.
setelah bore up, barulah kita padukan bore up dan stroke up untuk menghasilkan cc yang besar.

projek sementara win saya stroke 57,9(kruk.as vega zr) bore 54( piston kaze os 100) menghasilkan 132,5cc
bore up belum maksimal, pengen piston 58 (152cc) wow.... tapi motor tiap minggunya buat luar kota, takut ambyar om.. maklum anak kuliahan, uangnya ndak seberapa.. kasian ortu juga kalo minta ini itu.. (malah curhat) wkwkwk

pertimbangan lain
stroke up 2mm tidak merubah batang pompa oli, paking tambah 1mm  kompresi meningkat lumayan..
stroke up 3mm stang piston c70 bubut batang pompa atau pompa kanan paking standar.
kruk.as  55, stang win blok kop supra vit. rante kenteng timing supra fit/legenda. bubut batang pompa atau pompa kanan paking standar.atau stang legenda blok.kop mocin.

kruk.as 57,9 kharisma stang win blok.kop mocin 78mm. pompa oli kanan.
kruk.as 57,5 vega zr blok.kop supra fit/legenda. pompa oli kanan.
panjang stang vega zr 93,5, big end
panjang stang win 94
panjang stang legenda 97
panjang stang kharisma 100

terima saran masukan komen, untuk perbaikan blog.. hehe









13 komentar:

  1. Sip mas mantaf modif nya kita sehobby nih, salam kenal. saya juga pake krukas vega zr, stang mio, boring+head mio piston NPP seri KCM neotech 125cc, tapi dipasangnya ke vega tua. gambarnya disini mas: fb.com/bengkelmotortasik

    BalasHapus
    Balasan
    1. om asep aq juga mw ganti krukas crypton pake punya vega zr apa aja yg di bubut

      Hapus
    2. Maaf mas jarang OL, paling diameter zr nya dikecilin 2mm, supaya ngak kena ke gigi 3 di gearbox, untuk bagian kiri disesuaikan dengan magnet yg akan digunakan, untuk yang lainnya sama percis tinggal plek.

      Hapus
  2. kalau legenda naikin stroke 3mm pake stang grand tetep harus bubut batang pompa oli engga mas ? kalau solusi lainnya ngebabat buntut stang sehernya dikit biar ga nyentuh batang pompa oli aman engga ? makasih mas info nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep mas, kalo babat buntut stang ntar stang sehernya lebih cepat oblak mas.. stroke 2mm aja dah mepet kok mas..

      Hapus
  3. crancase astrea star dan win sma gak mas ? untuk aplikasi kruk as mocin solomo, perombakan apa saja yg perlu dilakukan ?

    BalasHapus
  4. sama mas, kalau star pakai kruk.as bangau yang langkah 55,5 aja dah cukup. tinggal pasang saja, harganya kisaran 300rb lengkap dengan stang + lahernya. cuman itu harus pakai pompa oli kanan atau bubut as pompa oli

    BalasHapus
  5. kang ismu, aku mumet......tapi menurut saya, ini luar biasa,,mung aku mumet...

    BalasHapus
  6. kang saya mau cari sepul api asli win kang. Ada nggak?

    BalasHapus
  7. gan.,.saya mau rtanya,.klou supra lama 100 cc,.
    bsa pake kruk as karisma gx,.gmna cranya.,
    makasih,.

    BalasHapus